Memilih komputer Build-up/Branded atau rakitan?

Saat ini kita mengenal dua jenis komputer menurut cara pembeliannya, yaitu komputer rakitan dan komputer built up. Komputer rakitan adalah komputer yang dibeli per komponen lalu dirakit sendiri atau meminta bantuan dari pihak toko. Adapun komputer built up adalah komputer bermerek tertentu yang dibeli secara paket yang sudah siap untuk dipakai.
Apabila Anda dalam waktu dekat ini berencana membeli komputer dan masih bingung memilih komputer built up atau rakitan, cobalah melihat beberapa pertimbangan berikut ini.


1. Harga komputer built up dengan spesifikasi yang hampir sama lebih mahal dibandingkan dengan komputer rakitan. Bila ingin merakit komputer, Anda bisa melakukan tawar menawar per komponen, bahkan Anda bisa berpindah dari satu toko dengan toko lain untuk mendapatkan komponen dan harga yang Anda inginkan. Dalam hal ini, Anda bisa menghemat 10% hingga 50% jika Anda memilih komputer rakitan.


2. Spesifikasi komponen komputer built up sudah ditetapkan dari pabrikan, sementara komputer rakitan bisa disesuaikan sesuai kebutuhan kita. Komputer yang tidak sesuai dengan kebutuhan atau pekerjaan kita hanya akan menghambur-hamburkan uang saja, karena spesifikasinya bisa terlalu tinggi atau malah terlalu rendah. 


3. Komputer built up hadir dalam bentuk atau model yang seragam, sementara komputer rakitan bisa menyesuaikan sendiri sesuai keinginan, termasuk warna dan mereknya. Jika Anda termasuk orang yang suka pilih-pilih, maka komputer rakitan cocok untuk Anda.
 

4. Untuk urusan kualitas, komputer built up tidak perlu dipertanyakan lagi, sebab komponen-komponennya sudah melalui uji coba sebelum dijual ke pasaran. Baik stabilitas, kompatibilitas, maupun driver-nya. Namun ini bukan menjadi patokan utama Anda untuk tidak memilih komputer rakitan, sebab komputer rakitan pun banyak yang berkualitas.
 

5. Untuk masalah garansi, semua komponen komputer built up digaransi resmi dari pabrikan secara keseluruhan, misalnya satu tahun. Sementara komputer rakitan digaransi tiap komponen, di mana masing-masing komponen biasanya memiliki masa garansi yang berbeda-beda. Sebagai tambahan, garansi komputer rakitan ada yang mendapatkan garansi resmi dari pabrikan, namun ada juga yang hanya mendapatkan garansi dari toko saja.
 

6. Komputer built up sulit untuk di upgrade atau diganti komponen-komponennya, sedangkan komputer rakitan bisa di upgrade kapan pun kita mau. Upgrade dilakukan untuk meningkatkan performa komputer agar bisa mengikuti perkembangan software atau pekerjaan kita.

Sekarang, keputusan ada di tangan Anda. Apa pun yang Anda pilih, yang penting Anda puas memilikinya.
 

sumber: anneahira.com

Komentar

Postingan Populer